Tutorial Membuat Private Nameserver Menggunakan ZoneEdit.Com

Standard

Alhamdulillah. Nahmaduhu wa nusholli wa nusallimu ‘alaa rasuulihil kariim.

Jika Anda memiliki domain dan hosting, biasanya Anda akan diberikan nameserver tempat hosting untuk diletakkan pada domain manager Anda.

Berikut contoh yang penulis periksa pada domain http://forumif.web.id.


Dari gambar di atas diperoleh informasi bahwa domain yang bersangkutan ternyata disimpan di tempat hosting yang menyediakan nameserver dns3.vlexodns.com dan dns4.vlexodns.com. Dimana kedua nameserver tersebut dimiliki oleh penyedia hosting Vlexo.Com.

Penggunaan Private Nameserver yang utama adalah untuk menyembunyikan tempat hosting sesungguhnya, dan keperluan lain tergantung si pemilik website.

Baiklah, tutorial ini akan sedikit memberi gambaran bagaimana dengan menggunakan ZoneEdit.Com kita dapat menentukan nameserver sesuai keinginan kita namun tetap memiliki koneksi yang betul dengan tempat hosting.

  1. Setelah Anda melakukan registrasi di ZoneEdit.com, silakan login ke akun ZoneEdit Anda, pada menu bagian atas, silakan klik Add Zones (bagi yang belum mempunyai zone).

    Silakan baca tutorial sebelumnya untuk mengetahui bagaimana menambahkan zone baru.

  2. Dalam hal ini penulis sudah mendaftarkan domain http://forumif.web.id. Dan sudah menambahkan domain baru pada tempat hosting yang penulis tuju melalui CPanel.(Saran: sebaiknya Anda melakukan propagasi secara normal dulu – nameserver biasa – sebelum melakukan tutorial ini, untuk memastikan koneksi sudah betul.)

    menu-atas

  3. Dalam menu utama, seperti terlihat pada gambar di atas, silakan klik Aliases (CNAME).

    add

    Dalam textbox Alias, masukkan name apapun yang Anda kehendaki, dalam hal ini penulis memasukkan dua kali berturut-turut menggunakan pc dan laptop. Dimana dalam textbox Actual Name adalah Anda isi nameserver yang disediakan oleh pihak hosting.
    Kemudian klik tombol Add New Alias.

  4. Akan muncul pertanyaan mengenai penambahan alias.

    add2

    Tekan tombol Yes untuk menambahkannya.
  5. Hasil akhir alias yang penulis buat nampak seperti pada gambar berikut.

    alias-all
  6. Kembali ke halaman utama di ZoneEdit, yaitu di View “forumif.web.id”, silakan klik link di bagian tengah halaman dengan tulisan Nameservers:.
  7. Perhatikan pada gambar berikut:
    add-ns

    Untuk textbox Domain Name dikosongkan saja, dan pada textbox Nameserver masukkan nameserver yang sudah Anda buat di mode Alias sebelumnya.

  8. Akan muncul pertanyaan seperti pada gambar berikut:

    add-ns2

    Klik tombol Yes untuk menambahkan. Tambahkan juga nameserver alias Anda yang lain.

  9. Hasil akhir nameserver yang penulis punya untuk domain forumif.web.id adalah:

    ns-all

  10. Untuk membantu mempercepat propagasi (menurut penulis) silakan tentukan IP Address dari tempat hosting ke pengaturan IP Address (A) yang terlihat pada menu utama (silakan lihat lagi tutorial sebelumnya.)
  11. Tunggu beberapa lama, bisa beberapa jam atau maksimal 24 jam, insya Allah propagasi sudah berjalan benar. Hasil periksa nslookup di Windows adalah sebagai berikut:


    Anda perhatikan bahwa nameserver sekarang adalah nameserver buatan Anda sendiri :).

  12. Done! Alhamdulillah.

Private Nameserver biasanya bisa disediakan oleh pihak penyedia domain/hosting untuk kliennya dengan tambahan uang beberapa puluh ribu (perbulan/pertahun).

Untuk DNS Freehosting seperti http://freedns.afraid.org Anda tidak dibebaskan membuat private nameserver sendiri, kecuali untuk anggota berbayar. Begitu juga untuk DNS Freehosting lainnya, rata-rata kemampuan alias ini dibatasi.

Namun yang perlu diperhatikan bahwa private nameserver yang penulis sampaikan dalam tutorial ini bukanlah murni Private, sehingga dengan menggunakan aplikasi tertentu tetap saja nameserver dari hosting aslinya akan kelihatan.

Sekedar pemberitahuan bahwa domain http://forumif.web.id saat ini sudah tidak menggunakan private nameserver alias yang disampaikan di sini, hanya sekadar tutorial saja.

Mudah-mudahan Allah ta’ala beri manfaat tutorial ini untuk pembaca sekalian. Amiin.

One thought on “Tutorial Membuat Private Nameserver Menggunakan ZoneEdit.Com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.